Daftar 7 Penyanyi Legendaris Indonesia

Siapa yang tidak suka musik? Musik merupakan kumpulan lagu ritmis yang dapat menginspirasi kecantikan seseorang. Seiring waktu, musik memiliki aliran yang berbeda. Mulai dari rock, blues, pop, jazz, RnB dan lain sebagainya.

Musik tidak lepas dari indahnya suara para penyanyi yang mengiringinya. Penyanyi berbakat pasti akan menarik lebih banyak perhatian di hati pendengar. Apalagi penyanyi Indonesia. Indonesia memiliki banyak penyanyi terbaik yang namanya masih melekat di hati masyarakat hingga saat ini.

Chrisye

Anda masih anak sekolah, perguruan tinggi. Ini belum waktunya untuk itu! Pernahkah Anda mendengar tentang lagu ini? Ya, itu adalah salah satu karya paling terkenal dari almarhum Chrisye. Pria kelahiran September 1949 ini mengawali karirnya dengan trek independen pada tahun 1976, hingga akhirnya dipekerjakan oleh sebuah label rekaman.

Baca Lainnya : Band Rock Dengan Penjualan Merchandise Yang Fantastis

Selama karirnya lebih dari 25 tahun, Chrisye menghasilkan total 18 album. Berita kematian akibat kanker paru-parunya di tahun 2007 membuat dunia musik Indonesia sangat sedih.

Iwan Fals

Iwan Fals adalah salah satu musisi Indonesia yang sangat terkenal dengan citranya membela anak-anak kecil. Melalui karya-karyanya, pria bernama asli Virgiawan Listanto ini mengkritisi masalah sosial sejak akhir 1970-an hingga saat ini.

Pada tahun 1989, single “Bento” dan “Bongkar” menjadi hits di kancah musik Indonesia dan sejak itu nama Iwan Fals melejit hingga saat ini. Dia sekarang adalah “presiden” OI (Indonesia), sebuah yayasan atau organisasi massa berbentuk fans.

Rhoma Irama

Kalau bicara musik Indonesia, dangdut adalah salah satu genre yang paling digandrungi dari dulu hingga sekarang. Rhoma Irama adalah penyanyi dangdut yang terkenal hingga publik memberinya gelar Raja Dangdut.
Rhoma Irama tidak hanya mengajak Anda untuk merilekskan ketegangan dan getaran tubuh, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai dakwah dalam lirik Anda. “Begadang”, “Judi” dan “Mirasantika” adalah buktinya.

Titiek Puspa

Lahir pada tanggal 1 November 1937 dan masih aktif; ini Titiek Puspa. Dia bekerja di kancah musik Indonesia hampir sepanjang hidupnya dan lagu-lagunya melegenda di seluruh negeri.

Berbeda dengan Iwan Fals dan Rhoma Irama, Titiek Puspa membuat pendengar lebih antusias dengan lagu-lagunya lewat lirik yang relatif sederhana. “Kemarilah” dan “Dansa Yok Dansa” dan “Apanya Dong” adalah judul lagu Anda yang pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda.

Ebiet G. Ade

Pernahkah Anda mendengar lelucon “Coba tanyakan pada gulma yang ikal”? Padahal, ungkapan itu merupakan salah satu lirik dalam lagu Ebiet yang berjudul “Berita Kepada Kawan”. Ya, musisi ini mengajak Anda untuk berdiri dan berpikir. Lirik dramatis membuat hatimu merasa tidak enak.

Penyanyi kelahiran 21 April 1954 ini dikenal dengan image gitar dan suara sedihnya. Generasi milenium saat ini bisa menyebutnya sebagai aliran melodramatis.

Ahmad Dhani

Ahmad Dhani dan bandnya Dewa merupakan salah satu musisi yang karyanya di era 90-an selalu ditunggu-tunggu. Liriknya sangat manis dan romantis. Puncaknya di tahun 2005, hampir semua lagu di album Dewa memiliki video musik.

Karya terbarunya adalah pengerjaan ulang lagu Dewa dengan band orangtuanya Mahadeva pada tahun 2016. Dia sekarang ditahan atas kasus pencemaran nama baik dan saat ini ditahan di Surabaya. Semoga saja dia kembali ke dunia musik!

Melly Goeslaw

Melly Goeslaw adalah musisi yang karirnya sama dengan Ahmad Dhani, yaitu di tahun 90-an, gaya bermusiknya pun tidak jauh berbeda dan karyanya sangat memikat hati para remaja saat itu. Pada tahun 2006, Melly mempertemukan beberapa artis berbakat untuk dipilih dengan nama “Bukan Bintang Biasa”.
Melly sering digunakan sebagai pelengkap soundtrack film terkenal, seperti Ada Apa dengan Cinta, Ayat-Ayat Cinta dll. Tak hanya bernyanyi, Melly juga melambungkan nama para penyanyi lewat kreasi musiknya. Krisdayanti, Rossa, Eric, hingga penyanyi Malaysia Fauziah Latif.

Itu dia tadi 7 penyanyi legendaris Indonesia sepanjang masa. Ada yang masih aktif bergerak ke dunia musik, ada pula yang istirahat karena menemukan kasus. Tapi yang jelas mereka adalah orang-orang hebat yang mewarnai kancah musik Indonesia dengan tangan-tangan yang keren.

Generasi milenium mungkin merasa sedikit aneh mendengarnya, karena ditutup oleh banyak penyanyi baru dari luar negeri. Meski begitu, nama dan karya musisi legendaris sebelumnya akan terus disiarkan dari waktu ke waktu dan tidak akan pernah padam. Terus dukung pekerja anak